Kenapa Kuliah di Korea Selatan?


.

“Kenapa pilih Korea Selatan (Korsel)?”

Pertanyaan yang paling sering muncul begitu tau gue akan lanjut kuliah di Korsel. Saking gak familiarnya Korsel buat orang lanjut sekolah, jadi (mungkin) berasa janggal kalo ada yang lanjut kuliah di Korsel.


Lalu, kenapa gue pilih Korsel?

Hmmm sejujurnya gue juga gak tau kenapa akhirnya gue kuliah di Korsel, #laaaaaaaaaah. Gue sebenernya mau ngelanjutin sekolah dimanapun as long as ada yang mau ngebayarin, otak gratisan gak juga luntur dah! Tapi seiring berjalannya waktu, gue mulai mengkerucutkan pilihan. Satu yang pasti, lanjut kuliah di UI adalah pilihan terakhir (songong ye?). Jadi kantor gue setiap tahun ngasih beasiswa S2 buat di UI aja, kuotanya lumayan banyak sebenernya, tapi yang jadi masalah adalah kalo gue dapet beasiswa itu, gue tetep harus kerja! 7.30-16.00 gue kerja kaya biasa, terus abis itu lanjut kuliah. Kantor ke UI (Salemba) sih deket, lah dari Salemba ke rumah gue (nun jauh di Cilodong sana) terus rumah gue ke kantor??? Bayangin aje, tiap hari gue selalu bangun jam 4 pagi, karena 5.15 gue mesti udah berangkat kerja. Pulang kerja jam 4 sore lanjut kuliah, pulang sekitar jam 9 malem, sampe rumah paling gak jam 11 malem, beberes segala macem, tidur jam 12, terus besok jam 4 udah bangun lagi. Duh! Rontoklah badan gue di 2 tahun masa belajar itu!!

Karena buat ngebayanginnya aja gue berat, maka gue memutuskan untuk memprioritaskan luar negeri buat lanjut sekolah. Setelah serangkaian diskusi sama si Neng juga karena beberapa pertimbangan, gue mengkerucutkan pilihan negara buat gue lanjut sekolah. Pokoknya pilihannya hanya di sekitaran Indonesia aja. Salah satu pertimbangannya sih, karena gue gak akan bawa si Neng dan Niqu (eh gue udah cerita belum ya anak gue nama panggilannya Niqu?) ke negara manapun gue lanjut sekolah, jadi pilihan negaranya jangan jauh-jauh biar si Neng dan Niqu bisa jenguk gue lebih dari sekali. Waktu itu gue kebayangnya mau Australia (negara tujuan utama buat lanjut sekolah di kantor gue, ada banyak sekolah bagus juga buat jurusan yang mau gue ambil) sama Singapura (selain deket banget dan biaya pesawatnya murah, ada School of Public Policy yang bagus banget di sana). Terus si Neng tetiba request kalo pilihan negaranya ditambah Jepang dan Korsel, alesannya sih karena kedua negara itu masuk bucket list family trip kami. Gue sendiri gak pernah riset tentang sekolah yang oke buat jurusan gue di kedua negara ini, tapi gue iyain ajalah, daripada... daripada....

Di kantor gue, pegawai yang mau apply beasiswa harus 2 tahun jadi PNS dulu. Gue masuk kantor 2014, CPNS setahun, 2015 diangkat PNS, maka 2017 adalah waktunya gue bisa daftar! Mulai akhir 2016 gue bersiap, niatannya sih mau matengin TOEFL, yaaah walopun pada akhirnya gak juga gue laksanain, hehe. Gue mulai nyari informasi tentang beasiswa, terutama di Australia dan Singapur. Prioritas gue sih Australia, kayak kebanyakan orang di kantor gue, sekolah tujuan gue yang di Singapur tinggi banget kualifikasinya, belum nyampe kayaknya gue. Buat Korea dan Jepang, gue nyari tau juga, tapi gak seintens kaya 2 lainnya, karena gak ada orang kantor yang kuliah di sana juga sih, jadi gue gak banyak informannya.

Di awal 2017 gue sempet galau mau nyari beasiswa taun ini atau gak, waktu itu gue lagi itung2an karir dan yang lainnya juga. Saking galaunya, gue sampe konsultasi ke beberapa orang, atasan di kantor juga seorang temen MBUI, ke Si Neng udah pastilah. Hasil dari konsultasi itu adalah coba tahun ini! Kebetulan banget di kantor gue setiap awal tahu selalu ada pameran pendidikan luar negeri, sekitar pertengahan Februari kemaren lah. Dari 4 negara tujuan gue, cuma ada 2 lembaga pendonor dari 2 negara yang gue tuju, Australia Award Schoolarship (AAS) sama Korean International Cooperation Agency (KOICA). 2 stand itu aja yang gue datengin, karena yang laen emang gak gue minati. Oiya, gue juga ikutan grup whassap para pencari beasiswa di kantor gue, lumayan banget banyak info macem2 tentang beasiswa.

Setelah pameran di Februari itu, gue masih gak melakukan apa-apa, masih niat gak niat soale, ehehe...Sampe akhirnya pas tanggal 24 Maret, hari Jum’at, gue liat di Facebook(FB)nya KOICA, mereka udah buka pendaftaran dan batas pengumpulan berkas 10 April!! Mendadak gue kalang kabut, karena pas gue baca persyaratannya, banyak bangeeeeet yang mesti diurus!! *Rasain!! Dari kemaren ngapan aje??*. Sore itu juga gue langsung reservasi online buat nerjemahin ijasah S1 gue, besoknya gue langsung ke UI buat verifikasi dokumen. Yang parah lagi ada sertifikat kemampuan bahasa Inggris (bebas apa aja, nilai minimalnya juga gak disebutin) yang harus dilampiri, gue nelepon banyak lembaga tes, semua udah gak ada jadwal tes, lagian sekalipun ada jadwal juga jadinya kapan tau. Aiiihmatek banget paaaan.... Akhirnya buat urusan TOEFL, gue nekat ambil prediction test yang akan dilaksanain hari Selasa tanggal 28 Maret, kepepet banget ini karena gak ada waktu lagi. Oiya ini kondisinya masih belum ada pengumuman resmi dari kantor.

Senin, 27 Maret gue tanya bagian pengembangan pegawai tentang beasiswa KOICA, ternyata mereka baru nerima dan lagi proses persetujuan pimpinan sebelum disebar. Gue pun akhirnya minta fotoin aje draft pengumumannya, daaaaaaaan taukah anda saudara sebangsa setanah air, deadline yang dikasih kantor gue adalah Senin, 3 April. Alamakdaaaaaaang, itu berarti tinggal 5 hari kerja lagi!! Kantor gue emang sengaja majuin deadline karena ada proses dulu sebelum berkas dikirim ke Biro Kerjasama Teknik Luar Negeri Sekretariat Negara (Biro KTLN Setneg). Gue langsung ngehubungi enyak gue buat ngurus legalisir KTP enyak babeh gue di kantor kecamatan, soalnya salah satu syaratnya legalisir KTP kedua orangtua plus udah diterjemahin di penerjemah tersumpah juga. Selasa yang harusnya gue tes TOEFL, tetiba Niqu sakit yang mengharuskan gue cuti!! Ada aja yeeee drama. Gue langsung reschedule tes TOEFLnya jadi hari Rabu. Rabu gue tes TOEFL, abis itu urus dokumen lain jugak. Oiya, pengumuman resmi dari kantor gue baru turun ke gue Selasa. Bayangin aje kalo gue gak dapet info dari Fbnya KOICA, makin mepet lah semuamuanya. Pokoknya semingguan itu gue pontang-pantinglah ngelengkapin berkas. Gue ke Kemenkumham buat minta legalisir akte kelahiran, terus ada dokumen juga yang mesti gue mintain legalisir notaris. Cerita drama2 ini gue skip dulu aja kali yeee, ntar gue tulis terpisah. Singkat cerita, berhasillah gue mengumpulkan berkas tepat waktu, saking tepatnya, mepet banget jam 4 sore di hari Senin, hehe... Daaaaaaan Cuma gue seorang yang akhirnya maju, yang lain pada gugur karena waktunya mepet bangeeeet. Gue sendiri bingung, entah kekuatan dari mana, gue jabanin aje itu pontang-panting seminggu penuh, emang udah jodohnya kali yeee.

Setelahnya, serangkaian tes gue lewatin (ntar gue ceritain terpisah juga). Oiya di tengah masa-masa tes itu, AAS buka pendaftaran juga, sayangnya, kantor gue gak ngijinin gue daftar 2 beasiswa secara bersamaan, ini persyaratan dari AAS juga sih, hiks ;(

Pas tanggal 3 Juli, hari pertama masuk kantor setelah libur lebaran, gue dikabari kalo gue lolos!! Alhamdulillaaaaaaah. Daaaaaan ternyata gue cuma sendiri dari Indonesia buat jurusan gue. Seneng sekaligus panik siiiih, hehe...

Terus gue ceritanya jadi kebanyakan, haha. Jadi udah jelas belum kenapa gue pilih Korea? Intinya sih karena dari 4 negara tujuan gue, Korea yang buka pendaftaran paling awal. Terjebak juga karena gak boleh daftar AAS, heuuuu. Kalo pada ngira gue pecinta Korea, salah!! Gue gak doyan ke-Korea-an sama sekali!! Yah dramanya, yah musiknya, yah fashionnya, yah bahasanya, yah budayanya, yah produk kecantikannya apa lagi. Drama korea yang gue onton Cuma 2, Jewel in The Palace (Jang Geum), gue tonton jaman SMP karena orang rumah pada nonton, terus satu lagi Romance in The White House, ini karena ada Agnes Monica ikutan main. Terus belakangan juga gue suka nonton Running Man yang tayang setiap Jum,at dan Sabtu malem di One Channel, ini juga karena nemenin si Neng nonton, itu pun kalo gak ngantuk. Gue kuliah di sini sangat membuat para pecinta Korea pada ngiri, hehe maap yak semua. Salah satu yang sebel juga adalah adeknya si Neng, karena doi doyan Korea, sempet ke sini juga, bahkan sempet les bahasa Korea, eh abang Iparnya yang menyenangkan ini yang malah kuliah di Korea. Hehe, peace ya Dek! Sebenernya yang paling bikin dia sebel sih gue berangkat ke Korea tepat seminggu sebelum mantenannya (ntar bakal gue ceritain juga).

Salah satu yang sempet hits dari Korea Selatan

Satu lagi cerita, waktu awal jadi CPNS, gue ngiri sama temen-temen kantor gue yang kuliah di Jogja dan Bandung, *anaknya ngiri-an*. Alesannya sih karena mereka bisa kuliah di daerah yang sangat bisa dieksplor, gue di Depok, yah tau sendirilah Depok kaya apa, cuma Margonda doang kehidupannya, paling daerah kosan sama rumah si Neng. Semenjak itu gue bertekad untuk lanjut sekolah di tempat wisata biar gue bisa eksplor daerahnya. Triiiiiing, kepengenan gue terwujud, bahkan lebih dari ekspektasi gue. Lagi-lagi, impian ngaco gue terkabul dengan cara yang tidak terduga.

Salah satu sudut yang bisa dieksplor dari Korsel, Dongdaemun Design Plaza

Sekarang kalo ditanya kenapa gue pilih Korea, ada tiga pilihan jawaban. Pertama, versi jawaban wawancara, yaaaah banyak kecapnyalah. Kedua, yang rada songong, karena gue ngejar SNU, kampus peringkat 36 dunia, bwehehe. Ketiga, yah jawaban jujur kaya yang udah gue jabarin di atas. Pokoknya kalo ada yang nanya terus doi milih jawaban jujur, gue suruh baca blog gue aje yeeee, haha.....

SNU dari atas Gwanaksan