30 Ulasan Mantenan Pangeran, Ulasan 11: Puspita Sawargi


.


Cerita rangkaian acara selesai, kini saatnya mengulas semua vendor dan detil acara.. Hmm tersisa 20 postingan untuk proyek ini, cukuplah yaaa…

Kali ini gue mau mengulas tentang vendor yang paling ciamik di mantenan gue, bisa dibilang yang paling vital. Yup vendor catering gue, Puspita Sawargi (PS) pimpinan Tante Lynda. Gimana gue bisa memilih PS sebagai vendor catering mantenan gue udah gue ceritain di sini dan di sini.

Cukup panjang kisah gue sama PS ini sampe akhirnya fix buat semua-muanya. Total perubahan kontrak sampe 6 kali meeeeen, banyak kaan? Emang sepanjang perjalanan kmaren banyak yang diubah, abis kontrak ditandatangani pasti ada aje yang mau diubah dan ditambahin. Kontrak terakhir kami terjadi di H-6 acara. Kalo dibandingin sama kontrak pertama, huiiih berubah total!! Mulai dari makanan, dekorasi sampe harga juga berubah. Nih gue share isi kontrak terakhirnya, oiya buat harga gak gue cantumin, tapi kalo ada yang mau minta aje ntar gue kirimin ke email .

Makanan untuk 800 tamu (1600 porsi)

Akad

1. Lontong Cap Gomeh 150 porsi (bonus)
2. Coffee + tea 100 porsi (bonus)




Resepsi
Buffet (1.000 porsi untuk tamu, bonus 100 porsi untuk keluarga)
1. Nasi Putih (pandan wangi)
2. Nasi Goreng Kebuli
3. Soup Kimlo
4. Galatine Chicken + Sayuran
5. Beef Black Pepper
6. Udang Telor Asin
7. Fruit Cocktail Salad
8. Kerupuk Udang
9. Aneka snack: croket keju, pie buah, soes fla, opera cake, tart keju
10. Aneka buah potong: semangka, nanas, melon
11. Aneka softdrink: coca cola, fanta, sprite
12. Aneka puding: coklat, cocktail, caramel
13. Air es

Gubukan
1. Sate Padang (Mak Sukur) 600 porsi
2. Korean BBQ 300 porsi (200 porsinya bonus! Jadi bayar cuma yang 100 porsi)
3. Roti Jala 300 porsi
4. Aneka Pasta: Lasagna & Fettucini 300 porsi (jadi @ 150 porsi)
5. Chocolate Melted + Es Krim (Bang Empi) 250 porsi
6. Aneka Es 500 porsi
7. Zuppa Soup (Bang Empi) 600 porsi
8. Sego/Nasi Liwet 300 porsi
9. Kerak Telor 250 porsi
10. Bakso Tofu 300 porsi
11. Chocolate Fountaine 250 porsi
12. Aneka Bubur Jawa 100 porsi (bonus)
13. Aneka Salad 100 porsi (bonus)
14. Aneka Fruit Punch 200 porsi (bonus)
15. Jajanan Pasar 3 tampah (bonus)
16. Puding gelas 100 porsi (bonus)

Dekorasi
-          Pelaminan Dekorasi: Gebyok + kanopi ke depan slayer emas + batu palimanan + dinding batu + layar kaca dibingkai rak lilin + dinding daun rak lampu + standing lampu 7
-          Bunga segar full di pelaminan + melati juntai
-          Taman air mancur di depan pelaminan + bunga
-          Layar off white + emas di belakang pelaminan
-          4 Standing flower di pelaminan
-          6 Standing flower di karpet jalan => Standing flower lampu 5
-          4 standing ranting + 4 standing stock
-          Gazebo Kristal 1 buah
-          4 Standing stock
-          4 Standing lampu duduk
-          Pagar ranting + stock untuk di lorong
-          Gazebo buku tamu
-          Podium 4 buah + tempat souvenir 2 buah + buku tamu 4 buah + spidol 4 buah
-          Meja penukaran souvenir
-          Umbul-umbul 2 buah
-          Panggung music + background kain juntai dibingkai ukir emas
-          Screen 3 x 4, lumen 6000
-          Standing foto 4 buah (bonus 1, bayar 3)
-          Meja gallery 3 buah (bonus 2, bayar 1)
-          Handbouqet (bonus)
-          Kursi tifani pita warna emas 30 buah untuk di vip (bonus)

Dokumentasi
-          Photo album 2 buah, 10 sheet, 2 x acara
-          Video shooting 2 x acara dan transfer ke DVD 1 keping
-          Fasilitas Studio mini
-          CD berisi semua file foto

Dari PS gue emang cuma ambil paket makanan, dekorasi dan dokumentasi. Sisanya gue udah ada sendiri. Sekarang gue mau ulas makanan dan pelayanannya aja yaa. Buat dekorasi dan dokumentasi gue ulas terpisah. Oiya khusus buat dekorasi, pas hari H berubah total dari kontrak terakhir. Kenapa? Tunggu aje yeee ulasannya, hehehe..

Soal rasa, PS udah gak gue ragukan lagi. Walopun gue gak nyobain semua, bisa gue bilang kalo semua makanannya enak, terbukti dari komentar tamu, keluarga dan juga dari beberapa makanan yang gue cicipi sendiri. Oiya si Neng juga udah pernah membahas makanan PS pas mantenan kami di sini.

Untuk buffet, favorit gue adalah udang telur asin. Harusnya kalo mau pake menu ini mesti nambah dari harga sebelumnya, tapi berkat rayuan gue, akhirnya harganya tetep, tengs berat ya Tante Lynda. Ada juga nasi kebuli yang jadi favorit tamu dan keluarga, katanya enak dan gak bau kambing, terdapat kismisnya juga. Ayam Galantine dan Beef Black Pappernya juga gak kalah maknyusss..



Awalnya kami sekeluarga berencana untuk memilih jumlah gubukan sedikit tapi porsi untuk masing-masing gubukan dibanyakin. Maksudnya sih biar tamu gak icip sana-sini yang akhirnya membuat makanan cepet habis, kan kalo jenisnya sedikit tamu agak gak mungkin buat makan makanan yang sama lagi. Tapiiii seiring bertambahnya tamu yang mau diundang hingga mendekati acara, akhirnya strategi itu berubah. Jenis gubukan ditambah, porsinya tetep banyak Hohoho..

Awalnya di mantenan gue cuma mau ada cokelat melted aja, tetapi Enyak Babehnya si Neng tiba-tiba pengen ada cokelat fountain juga karena liat di kawinannya Mila. Seru katanya, anak kecil pada suka. Gue mah hayooo aja deh, emang seru juga siih. Pas mau finalisasi kontrak, Tante Lynda bilang kalo display cokelat fountainnya pake yang terbaru, pokoknya yang mirip punyanya Dwi Tunggal Citra. Perdana loh dipake di mantenan gue, ohohoho jadi enak. Pas gue liat di hari H emang meriah sih si cokelat fountain ini. Terus buat cokelat  melted mantep banget, sesuai dengan yang gue minta. Gak rugi deh gue berkali-kali testfood cuma buat nentuin vendor cokelat melted. Pokoknya kalo mau pake cokelat melted, minta vendornya Bang Empi. Adek iparnya Tante Lynda yang kerja jadi chef kapal pesiar gitu deh. Rasanya maknyus, es krimnya enak daaaan yang paling penting pas cakenya dibelah, cokelatnya lumer, great!!




Selain cokelat melted, percayakan juga zuppa soup ke Bang Empi. Enak banget rasanya. Mushroom cream soup di dalemnya juga enak, manteplah pokoknya. Hmmmm kalo sate padang percayakan pada Mak Sukur, juara katanya sih. Tapi pas di mantenan gue kmaren, kata temen gue yang aseli Padang, rasa sate padangnya gak seenak Mak Sukur biasanya. Gak tau yeee, kalo buat gue sih enak-enak aje.


Salah satu yang jadi primadona adalah kerak telor, hohoho makanan aseli Betawi yang gue pengen banget ada di mantenan gue. Alhamdulillah enak, gak keras. Awalnya gue pengen ada gerobaknya sekalian, tapi karena lay out gedungnya udah kepenuhan, si kerak telor ini di taro di gubukan biasa, yaaaaah yasudahlah. Primadona lainnya adalah aneka es, pada seneng gitu sama gubukan yang satu ini karena bisa ngeracik minuman dengan toping yang dikehendaki.




Gubukan yang paling juara, katanya sih Nasi Liwet. Gak tau yeee gue, gak nyobain soalnya. Tapi dari komen temen gue yang bilang sate padangnya gak oke, Nasi Liwetnya juara banget. Doi sampe nambah 3 kali, doyan sih kayaknya itu mah.. Temen gue yang lain dan temennya si Neng beserta temen Enyak Babehnya si Neng bilang kalo nasi liwetnya juara. Ah sayang gue gak sempet nyoba..


Korean barbeque, roti jala, bakso tofu dan aneka salad juga juara. Pokoknya manteplah. Oiya gue juga ada tambahan gubukan aneka bubur jawa. Gubukan ini gue dapet dengan menukar ice carving, menurut gue sih agak kurang penting ya si ice carving ini, mending dituker jadi makanan kan.. Daaan pas di hari H, ice carvingnya tetep ada dooong, inisial nama gue dan si Neng di taro di meja buffet, hohoho. Terus bubur jawanya? Tetep ada juga doooongs. Haaa cium tangan dulu lah sama Tante Lynda..

Gue gak nemu foto ice carving dari depan, foto di atas keliatan kaaaan ice carvingnya? hehe...

Ini gubukan bubur jawanya

Selain rasa, yang paling ditakutin dari makanan adalah jumlahnya. Enyaknye si Neng yang paling khawatir masalah ini, bawaannya pengen nambah porsi terus. Untungnya bisa ditahan, pasalnya dengan jumlah porsi yang gue sebutin di atas aja udah melimpah ruah. Bahkan sampe lampu dimatiin, buffet, aneka es, zupa soup dan beberapa gubukan lainnya masih tersedia, ini berdasarkan cerita temen gue yang dateng telat sih. Buat di ruang vip lebih komplit lagi, pokoknya pas gue masuk sekitar setengah 2 aje masih banyak banget makanan. Yang dibawa pulang? Haaaa gak kalah banyaknya. Oiya buat makanan sisa ini, kita gak usah khawatir, soale PS udah nyediain plastik. Makanan sisa langsung dibagi merata buat pihak gue dan si Neng. Makanan yang dibawa keluarga si Neng aje udah dibagiin semua sodara dan tetangga, eh pas gue pulang dari Bali which is 4 hari berikutnya masih ada aja loh!! Enyak gue juga bilang, keluarga besar gue di Belendung udah kebagian semua tapi tetep aje makanannya masih berlebih. Mantap emang…

Kalo masalah pelayanan, ini dia yang kurang gue tau. Sampe saat ini sih belum ada laporan pelayanan yang gak bener, berarti anggap aja lah yaaa pelayanan dari semua punggawa PS pas hari H oke, sigap dan tanggap. PIC dari PS yang gue request langsung ke Tantye Lynda pun hadir, Mas Izul, sempet ngobrol juga sih gue sama doi. Oiya beberapa kali gue ngeliat dia keliling ruangan sambil bawa tamu yang pengen liat dekor PS yang terbaru.

calon client PS yang lagi liat-liat

Hmmm apalagi yee yang mau gue ulas dari PS ini? Pokoknya overall manteplah, gak salah deh milih PS buat mantenan gue dan si Neng. Tengs berat yaa buat Tante Lynda, Mas Izul dan juga seluruh punggawa PS yang udah ngebantu.


48 Responses to “30 Ulasan Mantenan Pangeran, Ulasan 11: Puspita Sawargi”

  1. Anonymous says:

    halo :)
    Boleh minta buat harga yang terakhir ini di e-mail ke kembang_dwisari@yahoo.com ?
    Terima kasih sebelumnya :)

  2. Anonymous says:

    Halo..
    boleh minta tolong juga buat email harga pas acara kakak kemarin ke mayarahmawatii@gmail.com .. :) soalnya aku lg cari2 catering juga kak..

    Thanks sebelumnyaa.. :)

  3. Anonymous says:

    Halo,

    Boleh minta price list terakhir PS di email ke nice_fairyna@yahoo.co.id

    terima kasih :)

  4. Anonymous says:

    Halo,
    Boleh minta kirim price list dan harga total yg mas pake kemarin? Ke ariyanti.desty@gmail
    com terima kasih banyak..

  5. Unknown says:

    Tolong kirim k email sy mas price list dan total acara mas nya.. thx b4 nunna_qaa@yahoo.com

  6. Anonymous says:

    bisa minta daftar harga cateringnya? tolong kirimkan ke carmelitastrini@live.com , thanks

  7. Sisy says:

    hello,
    makasi untuk review nya yang sangat detail soal catering dan dekor PS hehe..
    aku juga mau dong PL yang final dari PS :) emailku: se7en_obeth@yahoo.com
    makasi banyak ya...

  8. lovelyme says:

    Mas aq mau nikahan bln depan pake puspita sawargi juga..aq minta price list n total biaya acara mas juga yaa..harsitorukmo@yahoo.com...makasi sebelumnya..^_^

  9. Mbak sudah saya kirim ya.

    Sukses buat acaranya.

  10. Anonymous says:

    mas bs tlg kirimkan price list biaya total kmrn donk, krn bln des anak sy juga mau pake PS....sbg referensi, tlg kirim ke email sy :dedeh0103@gmail.com.tks.

  11. Udah dikirim ya Bu.

    Semoga acaranya lancar..

  12. Halo mas adrian membantu bgt reviewnya, boleh minta pricelist total biaya pernikahannya? Ke mariaulfahlatif@gmail.com

    Secara keseluruhan acaranya bagus bgt top deh hehe

    Thanks before :)

  13. Mbak Maria Ulfah, sudah saya kirim ya Mbak.

    Semoga bermanfaat. Lancar juga persiapannya.

  14. Anonymous says:

    Permisi mas Adrian..
    gilee, infonya bner2 bkin ngiler..
    Biarpun weddingnya masih dalam angan2 boleh nech buat referensi... Hehehee...
    Boleh minta pricelistnya mas?
    Tq.. Tq... Tq bgt

  15. Anonymous says:

    Oh iya lupa..
    Alamat email saya di
    shinjuaoi@yahoo.co.id
    atw shinju.blue88@gmail.com

    Makasih banyak..

  16. Sudah saya kirim ya..

    Semoga angan2nya bisa terwujud dengan gemilang. :)

  17. Anonymous says:

    Dear Mas Andrian,

    Rencananya saya mau menikah Maret 2014 ini dan catering dari PS. Boleh minta harga terakhir dari PSnya? email saya iqriyah@yahoo.co.id. Terima kasih bantuannya :)

  18. Anonymous says:

    Hi mas Andrian aku rencana married 7 Des ini, boleh tahu price list dekorasi dan catering dari PS? Ini email aku Citraanandadewi@yahoo.com
    Thankies yaa

  19. Unknown says:

    Halo andrian boleh minta PL kamu ya pake ps all in gedung dan dekor? Ini email aku : emiria1990@gmail.com
    makasih banyak yaa :)

  20. Anonymous says:

    Hi... saya boleh mnt PL untuk catering inj ga sama PL gedung+dekornya?
    Email saya : lierenie@gmail.com

    Thx yah

  21. Anonymous says:

    Halo Andrian,

    Berhubung acara adik saya juga di gedung Kementan, boleh saya minta harga total terakhir yang kamu dapet dari PS? Kirim ke meea.wardani@gmail.com ya. Btw, MC dari paketan PS juga kah?

    Thanks yaa

  22. Mbak sudah saya kirim ya..

    Untuk MC, saya ga paketan dari PS. MCnya itu tantenya istri saya.

  23. Anonymous says:

    Halo mas adrian,

    Boleh minta price list terakhir PS nya? Email saya ratih.sekarkami@gmail.com .. terima kasih banyak atas bantuannya :)

  24. Halo Mbak Ratih,

    Sudah saya kirim yaa..

  25. Unknown says:

    say boleh kirimin price list PS ke email aq isanda.lirian@yahoo.com thx before

  26. Unknown says:

    boleh minta price listnya ? shinta.saraswati.dimas@gmail.com

    terima kasih..

  27. Unknown says:

    boleh minta price list nya?
    shinta.saraswati.dimas@gmail.com

    terima kasih

  28. Andrian says:

    Mbak, sudah saya kirim ya..

  29. Unknown says:

    Hi..Mas Adrian boleh mnta tlng dikirimin PL-nya ke: intan.nj@gmail.com

    Thx u ya,Mas

  30. Unknown says:

    Mas andri, boleh info gak yaaa km nyewa screen nya dmn , email aku yaa dianhadiantii@gmail.com thanks

  31. Andrian says:

    Mbak Intan sudah saya kirim ya..

    Mbbak Dian sudah saya jawab via email.

  32. Unknown says:

    Salam mas andrian,
    Terimakasi untuk review&infonya nya yang sangat detail soal catering dan dekor Puspita Sawargi,
    aku juga mau dong PL penawaran atau kesepakatan yang final dari PS :) emailku: nadya.dy94@gmail.com
    Terimakasih sebelumnyaaa :)
    Syukran Katsiran, Barakallah selalu

  33. Andrian says:

    Mbak Nadia, sudah saya kirim ya.

  34. Suka sekali baca semua review nikahannya. Boleh minta PLnya PS ke sarimurtiningrum@gmail.com

    Terima kasih :)

  35. Andrian says:

    Mbak Sari, sudah saya kirim ya..