30 Hari Pemuja Manten, H – 16: Puspita Sawargi


.


Seperti janji gue sebelumnya, gue akan membahas gimana hubungan (ejiejiejie hubungan) gue dengan Puspita Sawargi (PS).

Setelah proses yang lumayan panjang, kami (gue, si Neng dan keluarganya si Neng) memutuskan buat menggunakan PS sebagai catering di acara mantenan gue dan si Neng. Dari awal minta penawaran, gue langsung yang menghubungi PS. Dari semua review yang gue baca maka gue memutuskan untuk meminta Tante Lynda (owner PS) yang jadi marketing gue, kenapa? Semua harga dan bonus serta segala macem tetek bengek mesti dapet persetujuan Tante Lynda, jadi ngapain gue pake marketing lain kalo ujung-ujungnya mesti ke Tante Lynda juga.

Gak banyak loh yang bisa dilayani langsung Tante Lynda, hehhehe. Alhamdulillah gue beruntung dapet dilayani langsung oleh Tante Lynda. Emang bener sih, kita bisa nego dan minta berbagai macam bonus langsung ke Tante Lynda tanpa harus lewat perantara. Oiya, berhubung Tante Lynda ownernya PS jadi doi sibuk luar biasa. Gak usah ngarep buat diperhatiin secara khusus, doi sibuk jadi mesti kita yang aktif buat menghubunginya. Lebih bagus lagi kalo bisa dikenal sama Tante Lynda langsung, jadi lebih enak kalo mau ngapa-ngapain, doi orangnya kooperatif kok.

Pertama kali deal dengan PS di Bidakara Wedding Expo 2012, gue langsung dapet banyak bonus dan diskon pameran. Jadi kalo mau deal pertama kali, lebih baik di pameran aje, lumayan pan banyak keuntungan yang didapet. Setelah deal itu, agak lama gue gak menghubungi PS, baru kemudian sekitar 3 bulan kemudian dateng ke kantornya PS di Jatibening, Bekasi. Sayang waktu itu gak bisa ketemu Tante Lynda karena doi sekeluarga lagi liburan ke Ancol. Terus baru sempet balik lagi November dan terakhir Februari kemaren. Ntar finalisasi kontrak minggu depan gue balik lagi.

Saat ini Tante Lynda nerima tamu untuk Sabtu dan Minggu looooh, kalo dulu mah, haeeeemm susahnye kalo mau ketemu. Doi ada di kantornya setiap Sabtu dan Minggu, biasanya sih dari jam 8 – jam 11, ntar lanjut lagi dari jam 2 – jam 5 sore, tapi kadang juga bisa seharian ada. Mesti janjian dulu sih tentunya kalo mau ketemuan. Oiya setiap Sabtu, di Minggu pertama di setiap bulannya Tante Lynda ada pengajian, jadi ga nerima tamu.

Gue termasuk orang yang bawel dalam urusan sama Tante Lynda, si Neng sama Enyaknye aje heran kenapa jadi gue yang bawel bukan mereka, hehehe. Segala macem gue tanya, segala macem gue minta dan segala macem hal yang gue temuin diblog orang lain gue sampaikan. Mungkin karena kebawelan gue juga jadinya Tante Lynda bisa inget sama gue.

Oiya gue juga orang yang gak sungkan-sungkan buat komplain secara langsung kalo gue nemuin kekurangan dari PS di acara mantenan yang gue datengi (kadang juga laporan dari orang lain) dan kebetulan pake PS. Waktu itu gue sempet dapet laporan dari Enyaknye si Neng tentang rasa makanan PS yang kurang oke terus anyeb juga pas perform di kawinan sodaranya si Neng di Keong Mas, TMII. Langsung aje gue komplain ke Tante Lynda. Selain ngasih alesan, Tante Lynda akhirnya nyuruh gue buat testfood ulang buat meyakinkan gue lagi. Pernah juga suatu waktu gue testfood untuk salah satu gubukan yang akan ada di acara gue nanti, gue merasa gak oke dan merasa ada yang kurang, pulang testfood gue langsung nelpon untuk komplain *orangnya hobi komplain*. Ternyata makanan yang menurut gue kurang oke itu adalah sesuai dengan request si empunya hajat, maka ditawarilah lagi gue untuk testfood ulang makanan yang sama dengan vendor yang berbeda.

Kalo yang gue baca dari Majalah Perkawinan edisi 10 tahun 2012 (apal yeee. Ini bukan gue beli majalahnya loh yaaaa, tapi gue numpang baca pas lagi ke toko buku, jiehehehe..), Puspita Sawargi itu untuk makanan gubukan doi ngorder ke vendor lain, kalo PS sendiri ngolah buffet dan gubukan yang berbentuk nasi atau daging. Untuk vendor yang mengisi gubukan PS juga udah diseleksi, jadi masalah kualitas tetep terjaga.

Karena udah lumayan punya nama, jadi PS ini sangat mengedepankan kualitas. Mereka juga gak nakal dalam urusan porsi makanan, buat rumusan porsi yang aman menurut PS adalah: Jumlah undangan x 2 x 2,5. Jadi kalo tamu undangan 500, berarti kan dikali 2, 1000 orang tamu. Nah porsi yang paling aman buat disediakan adalah 2500 porsi. Porsi ini udah gabungan antara buffet dan gubukan, gubukannya gak termasuk makanan ringan macam es krim atau aneka es loh yaaa. Tante Lynda sendiri juga selalu ngasih masukan masalah porsi ini, doi gak semena-mena bilang kurang terus kalo ngeliat client yang tajir dikit. Kalo emang dirasa udah cukup, doi pasti ngasih tau kalo porsinya cukup.

Buat soal rasa insya Allah gue sih yakin. Gue nilai gak cuma berdasarkan testfood (yang kata banyak orang, catering kalo lagi ngadain testfood makanannya emang disediain yang enak-enak doang), tapi gue juga sering makan langsung makanan yang tersaji untuk tamu ketika gue kondangan di mana PS yang jadi cateringnya. Cukup stabil lah makanannya. Buat dekor juga gue gak meragukannya lagi, beberapa kali gue dateng testfood dan kondangan yang pake PS, gue selalu menilai kalo dekornya PS bagus, gak sepi dan gak norak.

Masalah harga? Hmmmm mungkin PS emang lumayan mahal, tapi gue jamin worth it banget deh dengan apa yang mereka tampilkan *orangnya sok yakin, padahal acara mantenannya aja belum terlaksana*. Harga yang ditawarkan juga masih bisa dinego, gak banyak sih, tapi yah lumayanlah. Oiya Tante Lynda juga cukup royal untuk masalah bonus, coba aje cek blog ini dan ini.

Minggu lalu gue udah technical meeting (TM) sama PS di Deptan. Kalo mau TM kita sendiri yang nentuin jadwalnya, tapi sebelumnya kita hubungi dulu pihak gedung yang mau kita pake. Kalo udah oke dari pihak gedung, baru deh hubungi PS untuk TM. Pas TM, PS akan bawa semua vendor yang akan terlibat di acara mantenan kita. Biasanya sih yang jadi panitia inti hadir dalam TM ini, ada yang 15 orang bahkan sampe ada yang heboh bawa 85 orang buat TM di gedung. Gue? Hahahaha cuma gue dan si Neng aja, pihak PSnya aja sampe nanyain “Beneran cuma berdua aja nih Mas?”. Buat gue sama si Neng sih ga masalah berdua aja, biar gak rebek, kalo kebanyakan orang juga gak bakal efektif.. Ntar baru kami ngefloor ke semua pas rapat pleno terakhir. Oiya kemaren gue TM sama Mas Izul, gue yang minta sendiri sama Tante Lynda buat jadiin Mas Izul sebagai PIC di mantenan gue (tenar banget nih orang sering disebut-sebut di blog orang-orang).

Hmmm Sabtu ini (090313) gue mau finalisasi kontrak sama Tante Lynda, bakal di fix-in semua yang mau gue pesen (tambah porsi makanan, detil dekorasi dan yang lainnya), soalnya PS emang hanya mengerjakan sesuai dengan yang tertera di kontrak, kecuali kalo Tante Lynda mau berbaik hati dengan ngasih berbagai macam bonus kejutan seperti yang diceritakan di blog ini.

Semoga PS bisa ngasih yang terbaik di mantenan gue ntar. Bismillah. I count on you Tante Lynda dan PS!!

8 Responses to “30 Hari Pemuja Manten, H – 16: Puspita Sawargi”

  1. Unknown says:

    wahh andrian review lu ttg tante Lynda mantaapp yaaa..hehee...
    Gw Mellisa Sondra, dulu anak SMA 1 Tangerang brg ma lo... inget gaa??
    Tante Lynda kmrn smpt tny ke gw, "km tmnnya andrian yaa? "
    sempet bingung ohh trnyt lu tohhh... krn gw tau PS dari debby..heheee
    Andrian mau donggg tips2nyaaaa buat ngerayu bonus dri PS..heheee...

  2. Eh Mellisa, hehehe iyeee gue inget kok.

    Gue kan selama ini suka email2an sma Debby, saling update masalah mantenan.. Debby juga cerita tentang lu yg mau nikah..

    Pokoknya bawel terus deh, sama cari info bonus2 yg didapet orang2, terus mulai colek-colek dah si Tante, Ehehehe..

  3. Anonymous says:

    siippp dehhh.. top deh review nya, jd tertarik pake pose studio jg nihhh...hehee..

    iyaaa debby cerita jg ttg "rezeki pernikahan" km. . waahhh congrats yaaa... kereen bgt, bikin iri dehhhh..heheee

    Semoga acara pernikahan km berjalan lancar yaaa Andrian.. Diberi kemudahan dlm sgala hal..Aminnn.. :)

  4. Hooo ini Mellisa juga kan? Emang menarik sih si Pose Studio ini, sayang sekarang udah naik harganya..

    Hooo iya Alhamdulillah banget buat rejeki yang itu..

    Makasih ya buat do'anya. Lu juga semoga lancar jaya ya sampe November nanti..

  5. Anonymous says:

    halllloooowwww...... salam kenal mas adriannn... mauuu tauuuu jg donk,,, gmna kiat2 bisa dapet bonus banyak dari tante lynda.... hehehehe

  6. Haqlo salam kienal juga ya, eh siapa ya namanya? Hehe

    Sering-sering ngerayu aja, pokoknya usahain buat ketemu Tante Lynda kalo ke kantor PS.

    Jangan lupa ajak temen yg lain juga buat pake PS, Tante Lynda seneng kalo kita suka bawa temen buat pake PS..

  7. Haloo mas, aku boleh minta PLnya PS? boleh kirim ke sarimurtiningrum@gmail.com

    makasiii mas :)

  8. Andrian says:

    Mbak Sari, sudah saya email ya..